“Siapa Bilang Saya Mempertahankan ‘Status quo’?”

(Saya memang mempertahankan status Quo)

1guru16Berada di lingkungan sekolah yang memiliki fasilitas yang baik dan lingkungan sekolah dengan atmosfir belajar mungkin merupakan dambaan setiap guru. Dambaan semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, para stake holder, kepala sekolah, guru, staff, juga termasuk orang tua murid.

Dalam suasana kompetisi global saat ini, pembelajaran dan pengembangan kurikulum serta  bahan ajar di sekolah merupakan tantangan yang harus ditaklukan, terkhusus bagi para guru yang merupakan ujung tombak operasionalisasi proses pembelajaran di kelas. Saat  ini dengan banyaknya pembicaraan mengenai pelaksanaan kurikulum baru 2013 yang masih mengundang pro dan kontra telah membawa “suasana” bahwa mau tidak mau guru diharapkan perlu menggali dan mengeluarkan keseluruhan kemampuannya, dan terkesan sangat pernting untuk memiliki kedigdayaan untuk banyak memiliki skill yang memampukan siswa menjadi selayaknya orang yang siap  terlibat dalam kompetisi dunia kerja yang penuh dengan variasi dan diferensiasi.

Bila sudah membicarakan hal ini, tentu saja lagi-lagi guru “dipaksa”  selayaknya pendekar kanuragan dengan kemampuan penuh dari segi ilmu sesuai dengan mata pelajaran yang diampu, sekaligus memiliki kematangan karakter yang siap dan sesuai dengan porsi yang diharapkan jaman yang menuntut kematangan spiritual, interpersonal skill,  kemampuan teknologi masa kini dan kemampuan lainnya yang layak di perbincangkan sebagaimana penggambarkan guru yang baik dan profesional. Sudah Seberapa lamakah sudah kita terlibat sebagai guru? Setahun? Lima tahun? Sepuluh tahun? Atau sudah memasuki tahun ke 20 ? atau bahkan sudah mengantongi sertifikat guru nasional? Berlembar-lembar sertifikat lainnya yang menunjukkan kompetensi kita diakui dan dihargai oleh institusi tempat kita bekerja, dan dihargai sedemikian rupa dalam wujud “gaji” yang patut disyukuri ?

Proses menjadi seorang guru memang tak akan pernah habis, setahun, lima tahun, bahkan 20 tahun sekalipun saya rasa tidak akan pernah cukup merepresentasikan kemampuan yang mumpuni, karena jaman terus bergerak dan menuntut kemampuan yang berbeda di setiap waktunya, dan yang terpenting adalah manusia dengan kebutuhannya juga berubah. Berada dalam keadaan tetap sebagaimana keadaan sekarang atau sebagaimana keadaan sebelumnya (status quo) tentulah bukan merupakan pembahasan issue yang relevan lagi. Guru perlu bergerak dengan kematangan karakter untuk bisa menyajikan proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa di era yang penuh dengan tantangan global.

Sudahkan sebagai guru kita move-on? Setidaknya kita pernah bertanya pada diri sendiri kapan terakhir saya membaca artikel pendidikan?  Kapan terakhir saya membaca dan mengikuti workshop mengenai ilmu pedagogi? Apakah saya sudah membuat blog mau mulai menulis di blog serta melibatkan siswa terlibat dalam blog pembelajaran? atau sudahkah saya menggunakan sosial media (twitter, fb, edmodo dll) saya miliki untuk lebih menyajikan pembelajaran lebih menarik?

Ooh sebentar, setidaknya satu pertanyaan penting yang perlu dijawab adalah “Sudahkah saya mengajar siswa-siswa  dengan cara terus belajar?”  atau jangan -jangan saya terus mengajar siswa dengan berhenti belajar  ?(#refleksi seorang guru).

Kapan terahir kita mengatakan  “siapa bilang saya mempertahankan status quo!”😀, sebagai mekanisme pertahanan diri ?

2 thoughts on ““Siapa Bilang Saya Mempertahankan ‘Status quo’?”

  1. Iya pak, bercermin dan terus mau belajar memang kunci untuk guru bisa untuk menjadi semakin diperlengkapi dan menjadi guru yang benar-benar guru. Thanks udah mampir di blog saya ya…

Leave a Reply

