7 Hal Yang Perlu Dilakukan Oleh Guru Baru

Bagi setiap orang yang memiliki passion di dunia pendidikan dan suka mengajar tentulah sangat senang apabila bisa diterima sebagai seorang guru, terlebih apabila diterima di sebuah sekolah yang memang diidam-idamkan. Pasti senang! Pasti ingin menjadi best teacher !

File

Sebagai seorang guru yang cukup senior, setiap awal tahun dapat di pastikan ada beberapa guru baru yang akan datang ke saya untuk bertanya dan meminta pendapat tentang bagaimana menghadapi first day of school sekaligus bagaimana menunjukkan performa kerja yang sesuai dengan harapan sekolah sebagai institusi dan dapat diterima oleh lingkungan sekolah. Untuk inilah saya membuat tulisan ini, agar siapapun yang menjadi guru baru bisa membaca tulisan ini dan sedikitnya dapat mengurangi kecemasannya. Hanya ingin berbagi🙂

615_300_Teacher

Sebuah fakta yang harus dihadapi pertama kali adalah seorang guru baru akan berhadapan dengan sebuah lingkungan baru dengan kebiasaan dan norma-norma yang bisa saja berbeda dengan sekolah yang sebelumnya.

Apa saja yang akan dihadapi seorang guru baru ?

Hal yang pertama kali bisa menjadi sumber kebahagiaan sekaligus kecemasan seorang guru baru adalah first day of school atau bagaimana ia berdiri untuk pertama kali  di kelas sebagai wali kelas ataupun sebagai guru mata pelajaran. Saya yakin hampir seluruh guru baru mengkhawatirkan hari pertama itu karena pengalaman pertama di sekolah yang baru tentulah akan menciptakan kesenangan dan kecemasan sekaligus!

unduhan (29)

Kedua, hal yang sering sekali menjadi bahan pikiran adalah bagaimana bisa masuk ke lingkungan baru dengan rekan kerja yang secara karakter bervariasi. bagaimana bisa diterima dan berkolaborasi sehingga energi kerja bisa sinergis.

What_is_missing_for_back_to_school

Ketiga,  Hal yang paling menjadi beban beban bagi guru baru adalah setiap guru baru ingin sekali menunjukkan kreatifitas dalam belajar, ingin menunjukkan aktualisasi diri yang mencerminkan etos kerjanya dan ingin ditanggapi secara positif, yang pastinya nanti akan berpengaruh dalam penilaian kinerja.

images (73)

Bagaimana bisa menjadi guru baru yang baik  sesuai dengan harapan sekolah?

  1. Pelajari kebijakan yang ada di sekolah, seorang guru perlu memahami dengan baik aturan yang berlaku di sekolah. Perhatikan buku dan sosialisasi yang sudah di lakukan di awal masuk sekolah. Misalnya saja tugas-tugas sekolah yang diberikan selama satu tahun ajaran ke depan. Misalnya mengajar berapa sesi, kelas apa saja yang diajarkan, bagaimana untuk minta ijin sakit,  siapa yang menjadi rekan kerja seperti teman wali kelas, mentor, team leader, termasuk ruangan mana yang dijadikan pos kelas homeroom dan kelasnya sendiri bagi yang menerapkan moving class. Selain itu sangat penting untuk mempelajari bagaimana prosedur kelas yang secara umum ditetapkan oleh sekolah misalnya saja, bagaimana penanganan bila siswa telat, bila melakukan pelanggaran dan sebagainya. Ada beberapa hal yang memang tertulis di buku panduan kebijakan (teacher hand book) namun membangun komunikasi dengan guru yang sudah terlebih dahulu masuk juga merupakan alternatif baik agar bisa dengan cepat memahami budaya sekolah  yang baru di masuki.teacher-handbook-secondary
  2. Membiasakan diri dengan sekolah. Bila sekolah ukurannya tidak terlalu besar mungkin mudah untuk mengenal tata letaknya, namun apabila sekolah dengan ukuran yang besar dan memiliki banyak kelas yang mirip, sudah suatu keharusan untuk bisa menghapal tata letaknya. Di tempat saya bekerja ada beberapa guru yang muter-muter sampai kecapekan karena mereka kebingunngan sedang berada dilantai berapa🙂. Minimal guru harus tahu dimana letak toilet, kantin, health center, ruang guru dan TU.
    denah-sekolah
  3. Bangun komunikasi yang lebih intesif dengan mentor, patner atau sesama rekan satu tim. Ini bertujuan agar guru baru bisa terbimbing mengatasi pertanyan-pertanyaan yang muncul, dan bisa bertanya apabila mengalami kesulitan, ingat sesama anggota tim bisa saling memberi dukungan. Collaboratif skill dan social skill sangat dibutuhkan. Jangan terlalu arogan untuk menunjukkan kemampuan diri, karena bagaimanapun sebagai orang baru tentulah membutuhkan sebuah adaptasi cepat agar orang lain juga nyaman bisa menerima kehadiran seorang pribadi baru sebagai rekan kerja. 10376063_10203358909108884_625733727702096051_nimages (70)
  4. Bagi sekolah yang menerapkan moving class, tentulah guru mendapatkan sebuah pekerjaan tambahan yaitu harus mendekorasi kelas dengan kreatif dan menarik dalam menyambut first day of school. Persiapkanlah display kelas yang membangun semangat, hangat dan jangan lupa tempelkan ekspektasi positif sebagai seorang guru bagi siswa yang masuk dengan menempelkan poster atau quote yang menginspirasi. Jangan lupa visi, misi dan tema sekolah juga dipastikan ada di kelas.IMG_1646
  5. Mempersiapkan perlengkapan mengajar. Perlengkapan mengajar yang lengkap seperti administrasi seperti silabus satu semester, rancangan belajar di setiap pertemuan tentulah administrasi yang wajib yang perlu dipersiapkan. Buat saya pribadi yang penting dari administrasi ini adalah bahwa seorang guru bisa memahami materi ajar yang akan disampaikan dengan perencanaan yang baik, bukan sekedar kertas-kertas namun bagaimana menunjukkan ke siswa bahwa persiapan kelasnya dilakukan dengan baik dan sepenuh hati oleh guru, karena kesan ini akan dinilai oleh siswa yang datang ke kelas dan mereka bisa menilai apa saja hal yang akan dilakukan bersama-sama disepanjang semester.1LearningContract
  6. Berusahalah selalu datang minimal 15 menit sebelum jam resmi yang ditetapkan oleh sekolah, karena seorang guru baru membutuhkan ketenangan, persiapan dan penampilan yang menarik, Siswa akan lebih memperhatikan para guru baru dibanding dengan guru yang sudah lama mereka kenal. Siswa akan melihat penampilan dari ujung rambut ke ujung kaki. Tidak percaya? coba saja! di awal masuk sekolah siswa akan sangat excited  untuk mengetahui bagaimana guru baru mereka. Jangan lupa banyak senyum ya (bukan berlebihan loh,,,) dan pastikan apa yang dipakai terlihat rapi dan menarik.
  7. Sambutlah siswa dengan baik, dengan senyum dan jangan lupa sudah membaca terlebih dulu nama-nama mereka supaya bila mereka dipanggil namanya guru baru bisa lebih cepat mengingat. Di beberapa sekolah ada beberapa budaya sekolah yang dibangun seperti menyambut siswa di pintu dengan masuk kelas atau menaruh surat di meja siswa sebagai tanda penyambutan yang hangat. Yah masing-masing sekolah memiliki budaya yang berbeda-beda silahkan calon guru mempelajari sesuai dengan keadaan yang ada. Slide1Bila terlalu banyak yang harus dikerjakan karena berbeda dengan sekolah sebelumnya maka tidak ada salahnya untuk menuliskan seluruh list pekerjaaan yang jadi “target”,  agar tidak ada satupun yang terluput. Ingat  kesan pertama akan menentukan respon siswa selanjutnya, tampilah dengan percaya diri, be your self, penuh kasih namun bila terlihat tegas juga. Patikan siswa akan merasakan kehangatan hati gurunya.

 

 

 7f867989cbc0fc335feaaa4f1aa8f38a

Wah susah-susah gampang ya🙂, jangan kuatir dukungan dari teman-teman pasti akan dirasakan oleh para guru baru, ingat belajar itu memang harus !

 

Selamat mempersiapkan diri bagi ;para guru baru🙂

3 thoughts on “7 Hal Yang Perlu Dilakukan Oleh Guru Baru

  1. Sangat membantu tulisannya Mrs. Deasi.. Semoga bisa lebih memberi pengalaman menjadi guru yang selama ini sudah dirasakan atau kedepan bisa sama2 sharing.. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s