Kepedulian Sosial, Pesan untuk berbagi :)

Menjadi pembina upacara memang merupakan sebuah kesempatan untuk bisa menyampaikan apa yang menjadi pemikiran kita untuk siswa, kesempatan 10-15 menit perlu dimanfaatkan sebaik mungkin agar siswa bisa menangkap pesan yang disampaikan.

Ini merupakan kesempatan pertama saya menjadi pembina upacara, sebagai dokumentasi maka saya post di blog dan ditambahkan dengan beberapa gambar supaya bisa terlihat lebih menarik tampilannya. Semoga bisa menjadi sumber bacaan bagi yang mendapatkan tugas serupa🙂

Amanat pembina Upacara, 8 April 2014

Yang saya hormati : Principal Junior dan Senior School, Guru, Staf Junior dan Senior School, serta seluruh siswa-siswa yang saya kasihi.

Puji syukur kepada Tuhan  atas anugerahNya yang begitu besar melimpah kepada kita semua, sehingga kita dimampukan melaksanakan upacara pagi hari ini.

Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh siswa yang telah mempersiapkan diri untuk dapat menjalankan tugas sebagai petugas upacara sehingga upacara dapat berlangsung dengan baik.

Tema yang diangkat hari ini adalah mengenai kepedulian sosial.

kepedulian

Saat ini kita bisa melihat bahwa kepedulian sosial di jaman modern ini terasa sangat rendah. Kita cenderung untuk lebih suka memilih fokus terhadap diri sendiri sehingga melupakan orang lain dan lingkungan kita.

doncare

Sebagai contoh seandainya teman kita tertimpa sebuah musibah, adakah kita sebagai sebuah komunitas cepat dalam memberikan bantuan?  Masih lekat dalam ingatan saya pada waktu sebagian besar wilayah Jakarta Barat terkena banjir, beberapa teman kita di sekolah ini juga terkena musibah. Kita semua membahas informasi yang berkaitan dengan banjir melalui sosial media, koran, tv  dan media lainnya, sehingga issue mengenai banjir merupakan trending topic dan sebuah bahasan yang menarik dalam percakapan dimanapun, dan selanjutnya kita bisa melihat banyak sekali pesan-pesan melalui sosial media, televisi dan media lainnya yang meminta pertolongan untuk sesegera mungkin ada bantuan untuk mengirim makanan, pakaian ataupun keperluan  lainnya bagi para korban banjir. Namun pertanyaannya sejauh manakah kita menyikapi informasi tersebut dan mengulurkan tangan dalam menanggapi masalah yang terjadi.

mlk-doing-for-others-e1361218441364

Seandainya hal itu kita sendiri yang mengalami, bukanlah kita juga pasti akan mengharapkan orang lain menolong dan membantu kita juga? kita mengharapkan orang lain memahami apa yang kita rasakan  dan MAU memberikan pertolongan.

Firman Tuhan dalam Ibrani 10:24 mengatakan marilah kita saling memperhatikan supaya kita saling mendorong dalam kasih dan dalam pekerjaan baik. Ini berarti ada sebuah kerinduan bahwa Tuhan menginginkan agar kita saling memperhatikan, saling peduli satu dengan yang lain, peduli terhadap orang lain dan lingkungan.  Lalu apa sebenarnya kepedulian sosial itu?

photo_volunteers (1)

Kepedulian sosial adalah minat atau ketertarikan kita untuk membantu orang lain. Membantu orang lain bukanlah pekerjaan yang sulit namun juga bukan hal yang mudah, karena kita perlu melatih diri untuk terbiasa.

Ada 3 hal yang diperlukan untuk dapat belajar dan melatih membentuk sikap kepedulian sosial yaitu :  3M

M yang pertama : Menyadari bahwa kita adalah mahluk sosial, mahluk ciptaan Tuhan dengan naluri gregariousness yaitu naluri untuk hidup bersama dengan manusia lainnya, saling membutuhkan, ingin diakui, diperhatikan dan dikasihi oleh sesamanya.

M yang kedua : Memperhatikan kesulitan atau kesusahan orang lain. Sikap memiliki kepekaan akan kesulitan yang dialami orang lain merupakan sebuah sikap yang penuh dengan kasih, karena sudah keluar dari egoisme yang mementingkan diri sendiri.

M yang ketiga : Melatih Empati, yaitu kemampuan untuk mengetahui apa yang orang lain rasakan dan pikirkan yang dilandasi oleh kepedulian. Empati terbentuk karena sikap hati, sebuah kualitas yang menunjukkan adanya rasa iba dan kasih sayang untuk orang lain.

 images (54)

Apa yang bisa kita lakukan dalam melatih kepedulian sosial, bisa dimulai dengan hal-hal kecil  yang kita mulai dalam  lingkungan sekolah seperti : memberi bantuan bagi teman yang sakit dan tertinggal pelajaran, membagi makanan yang kita punya pada teman/orang yang membutuhkan, tidak menginjak lantai yang baru saja di dibersihkan dan masih basah dengan seenaknya, peduli dan memberi semangat bagi teman yang sedang mengalami masalah, menjadi teman yang baik pada saat teman tersebut membutuhkan bantuan, rutin melakukan CCS, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Memiliki 3M seperti di atas memang tidak mudah, namun juga bukan merupakan hal yang sulit, karena kepedulian sosial bisa dilatih dan dimulai melalui kebiasaan-kebiasaan yang baik. Kebiasaan yang sederhana untuk melakukan perkerjaan yang baik bukan hanya untuk diri sendiri namun juga untuk orang lain.

 Terakhir saya mau mengutip sebuah kata-kata bijak :

Never Stop doing little things for others,

Sometimes, those little things occupy the biggest part of their heart

images (52)

Quotation-Lewis-Carroll-secrets-life-love-Meetville-Quotes-272821

Saya mengajak kita semua untuk mau belajar peduli kepada orang lain, sama-sama belajar , sama seperti apa yang dikatakan Tuhan yesus dalam matius 7 : 14

Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Tuhan Yesus Memberkati

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s