Segarnya hot lemon tea pagi ini!

wekerPagi ini, bangun tidur migrain di kepala terasa sangat mengganggu. Saya pikir tidur 6 jam cukup untuk memenuhi kebutuhan tidur, dan tidak seharusnya migrain. Entahlah, apa karena salah posisi tidur atau karena AC di kamar yang suhunya terlalu rendah sampai membuat  migrain.

Yang jelas pagi ini kepala ini terasa berat. Sayangnya walau selimut terasa hangat untuk didekap, panggilan pekerjaan menunggu, harus segera bergegas dan menuju sekolah.  Murid saya sudah menunggu.

Datang lebih pagi ke sekolah memang enak, ada  suasana sepi dan masih ada waktu untuk membereskan meja kerja, saat pintu ruangan saya diketuk, seorang murid kelas 12 rupanya… “Miss ini ada titipan surat” dari alumni, kemarin Jumat ia datang, tapi tidak ketemu miss”. Dia menyodorkan sebuah bungkusan kecil, dengan amplop surat yang tertempel. Dengan tersenyum saya ucapkan terima kasih. Murid itupun bergegas pergi.

Pagi ini seperti biasa, saya membuat hot lemon tea sendiri, minuman kesukaan saya😀. Rasanya manis namun ada rasa asam dari lemonnya. Setelah mengambil waktu untuk berdoa, sambil menyerumput teh panas dan membuka e-mail coorporate dari computer kerja. Mata saya tertuju ke surat dan bingkisan kecil tadi. Ternyata surat ini dari alumni yang pernah jadi perwalian saya 10 tahun yang lalu! siswa dengan karakter polos dan tidak terlalu menonjol, siswa yang pernah menggambar menara Eiffel dan menuliskan bahwa ia harus menggantungkan cita-citanya lebih tinggi dari menara Eiffel..saya ingat, karena cukup terkesan dengan gambar yang dibuatnya, 10 tahun lalu.. Siswa angkatan pertama.

Setelah mengingat-ingat dan membuka file lama saya … ternyata gambarnya masih saya simpan! Seingat saya ia menggambarnya pada sesi wali kelas (semoga saya benar :D)

eifel

Mmmh 10 tahun yang lalu…

Saya buka bungkusan kecil itu, ternyata dia mengirimkan cookies (dia masih ingat saya suka cookies, hehe ge-er deh) sebuah merek yang lumayan, ahh pasti enak pikir saya.., Sayapun membuka stoplesnya dan mulai membaca suratnya.

surat mer

Tak menyangka pagi ini ada semangat baru yang menyelinap masuk dalam ruangan spirit terdalam saya, dalam suratnya ia mengatakan banyak hal baik, dan ia mengingat saya sebagai guru yang telah mendukungnya, seorang yang hadir dalam kehidupannya dan memberi warna utuk keberhasilannya. Senangnya🙂 Aiihh seketika migrain saya hilang!!

Menjadi guru memang mau tidak mau akan menanamkan banyak hal. Terutama hal-hal yang baik… dan kita tidak akan pernah tahu sampai kapan nasihat dan kebaikan yang pernah di tanamkan akan membuat murid  bisa berubah dan mengarahkannya pada sebuah passion hidupnya sendiri. Pagi ini terasa indah. Hot lemon tea ini terasa semakin segar.

lengkap

Rasanya manis, tapi ada rasa asamnya, namun tetap saja lebih dominan rasa manis dibanding asamnya. Mirip seperti kehidupan guru, Pada saat membimbing murid dengan banyak hal akan ditemui seperti rasa asam yaitu pada saat  siswa yang dihadapi adalah siswa yang “tidak mudah”, karena ada kalanya siswa yang dihadapi perlu lebih diarahkan, butuh usaha yang lebih kuat, menghabiskan banyak waktu🙂 , terkadang harus mengorbankan rasa di hati. Bukankah begitu para guru?  Namun, tak jarang pula melalui murid pulalah kita merasakan hal yang manis, saat punya kesempatan untuk masuk dalam hati dan kehidupannya, bukankah ini kesempatan terbaik yang diberikan sang pencipta?

lemon3

Saat bisa menyentuh kehidupan siswa, kita pun struggling dengan diri kita sendiri sebagai seorang pendidik. Siswa bertumbuh dan kitapun harus bertumbuh lebih lagi dalam kesabaran, kemurnian hati dan kemurnian akan panggilan hidup.

Lihat saja akan seberapa bahagia dan dan senangnya kita sebagai guru, begitu melihat seorang murid berhasil, bukan saja dalam pekerjaan, namun pada saat ia menemukan jalannnya sendiri, untuk hidupnya kedepan. Kita mungkin bukan pahlawan bagi banyak orang, namun setidaknya kita bisa berguna bagi siswa yang membutuhkan.

Dalam hati saya bersyukur, terima kasih  untuk cookies coklat yang enak sebagai teman breakfast hot lemon tea pagi ini, anakku…rasanya enak sekali, karena ada rasa syukur dan bahagia didalamnya.

set

5 thoughts on “Segarnya hot lemon tea pagi ini!

  1. rayakan bersama dengan “murid” (krn udah bukan murid lagi🙂 ) dalam konteks berbagi sukacita atas panggilan dari Sang Keutamaan atas Segala Ciptaan yang diresponi secara rendah hati baik oleh ms maupun “murid” tsb untuk sama-sama bertumbuh dalam suatu komunitas sebagaimana dikehendaki oleh Sang Keutamaan. let the joy be overflow and multiply through you and your “student” in whatever you do wherever you are whomever you with.so that others can see the Preeminence of the Living Word.

  2. I have just become one of your followers. Even thought you’re in a very different country across our planet, you feel exactly as I do about the joys of being a teacher. Keep up your attitude of being positive. By the way, you can get a bag of ice or frozen peas, put the bag on your neck and your feet in a warm bathtub filled with water. I hear that this cold and warmth really reduces the headache you get occasionally. Stay in touch and keep it up!

Leave a Reply

